Cool Cigar Smoking With Shades On Monkey

Senin, 19 Februari 2018

Gangguan pada Sistem Ekskresi Hati

Gangguan pada Sistem Ekskresi Hati

Gangguan pada Hati

Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan oleh virus (bisa virus hepatitis A atau virus hepatitis B). Virus hepatitis B lebih berbahaya bila dibandingkan virus hepatitis A. Upaya pencegahan hepatitis bisa dilakukan dengan:
  • Melakukan vaksinasi
  • Memastikan jarum untuk akupuntur atau tatto steril
  • Hindari pemakaian alat-alat seperti alat cukur, sisir, dan sebagainya secara bergantian
  • Hindari aktivitas seksual dengan berganti-ganti pasangan
  • Hindari mendapatkan donor darah yang tidak resmi
  • Sementara itu, tindakan pengobatan bisa dilakkan dengan 2 metode. Pertama melalui cara kimiawi untuk mematikan virus hepatitis. Kedua, metode suportif berguna untuk melindungi sel hati serta membantu pemulihan sel hati yang rusak.
    2. Penyakit Kuning
    Penyakit kuning disebabkan oleh saluran empedu yang tersumbat sehingga menyebabkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke usus duabelas jari. Akibatnya empedu masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan warna darah menjadi kuning. Penyakit kuning akan ditunjukkan dengan gejala bola mata, kulit, dan kuku menjadi berwarna kuning.
    Sirosis hati bisa muncul sebagai akibat dari hepatitis B atau hepatitis C yang berkelanjutan, karena alkohol, kekurangan atau salah gizi, atau karena penyakit lainnya yang menyebabkan saluran empedu tersumbat. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan sirosis hati. Pengobatan dilakukan untuk komplikasi yang terjadi, seperti muntah atau buang air besar berupa darah, perut membesar, mata kuning, serta koma hepatikum.
    4. Perlemakan Hati
    Perlemakan hati disebabkan oleh penimbunan lemak yang melebihi 5% dari total berat hati atau mengenai lebih dari separuh dari jarngan sel hati. Perlemakan hati ini sering menyebabkan kerusakan hati lanjutan atau sirosis hati. Kondisi ini juga bisa dipicu oleh kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.
    5. Kanker Hati
    Kanker hati muncul karena adanya perkembangan sel kanker di jaringan hati. Kanker hati yang sering diderita oleh kebanyakan orang adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC muncul sebagai akibat dari komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama karena sirosis hati akibat hepatitis B, hepatitis C, hemochromatosis.


https://halosehat.com/penyakit/gangguan-ekskresi/gangguan-pada-sistem-ekskresi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar