Cool Cigar Smoking With Shades On Monkey

Senin, 19 Februari 2018

Struktur dan Fungsi Sistem Pernapasan Manusia

Struktur dan Fungsi Sistem Pernapasan Manusia

Pernapasan adalah proses di mana gas dipertukarkan antara tubuh dan udara luar. Paru-paru dan organ lain dari sistem pernapasan membawa oksigen ke dalam tubuh dan melepaskan karbon dioksida ke atmosfer.
Dimana oksigen masuk ke dalam darah? Sel darah merah seperti truk yang mengangkut kargo pada sistem jalan raya. Kargo mereka adalah oksigen, dan jalan raya adalah pembuluh darah. Di mana kargo sel-sel darah merah mereka mengambil oksigen? Jawabannya adalah paru-paru. Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan. Sistem pernapasan adalah sistem tubuh yang membawa udara yang mengandung oksigen ke dalam tubuh dan melepaskan karbon dioksida ke atmosfer.

Pernapasan

Fungsi dari sistem pernapasan adalah pertukaran gas antara tubuh dan udara luar. Proses ini, disebut respirasi, sebenarnya terdiri dari dua bagian. Pada bagian pertama, oksigen di udara ditarik ke dalam tubuh dan karbon dioksida dilepaskan dari tubuh melalui saluran pernapasan. Pada bagian kedua, sistem peredaran darah memberikan oksigen ke sel-sel tubuh dan mengambil karbon dioksida dari sel-sel dalam kembali. Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan.
Pada paru-paru di mana oksigen ditransfer dari sistem pernapasan dengan sistem peredaran darah. Fungsi sistem pernapasan lainnya:
  • memasok oksigen ke sel-sel dan menghilangkan karbon dioksida
  • mempertahankan tubuh terhadap invasi mikroorganisme
  • mengontrol pH darah tubuh
Komponen:
  • Ventilasi (bernapas)> inhalasi dan ekshalasi; mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida
  • Pernapasan Eksternal > pertukaran gas antara alveoli dan darah
  • Pernapasan internal> pertukaran gas antara darah dan jaringan sel
Penggunaan kata “respirasi” dalam kaitannya dengan pertukaran gas berbeda dari penggunaannya respirasi dalam istilah seluler. Ingatlah bahwa respirasi sel adalah proses metabolisme di mana sel-sel memperoleh energi dengan “membakar” glukosa. Respirasi sel menggunakan oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Respirasi oleh sistem pernapasan memasok oksigen dan mengambil karbon dioksida.
Tabel struktur dan fungsi organ sistem pernapasan manusia
OrganStrukturFungsi
Rongga hidung– Dilapisi dengan kapiler; menghangatkan udara sampai 37 ° C- mengeluarkan lendir; melembabkan dan menyaring udara
– Dilapisi dengan silia; menyaring kotoran di udara
– Menghangatkan, melembabkan dan menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan
Faring– Jalur yang menghubungkan rongga hidung ke trakea
Epiglotis– Flap kecil dari jaringan ikat– Mencegah makanan tidak memasuki trakea saat menelan – mencegah udara masuk lambung saat bernapas di
Laring– Terdiri dari tulang rawan – mengandung pita suara; dua lipatan sangat elastis– Untuk menghasilkan suara untuk komunikasi
Trakea– Tabung hampa dikelilingi oleh tulang rawan yang kuat, fleksibel berbentuk C – dilapisi dengan silia
– Dilapisi dengan sel yang mensekresi lendir
– Memungkinkan udara untuk melewati dari faring ke dalam paru-paru – cincin tulang rawan mencegah trakea tidak runtuh dan menyediakannya dengan dukungan
Paru-paru– Terdiri dari bronkus, bronkiolus dan alveoli– Organ utama dari sistem pernapasan
Bronkus– Cabang dari trakea – tabung berongga dikelilingi oleh cincin tulang rawan
– Dilapisi dengan silia dan sel mensekresi lendir
– Untuk membawa udara ke paru-paru
Bronkiolus– Cabang dari bronkus – bronkiolus besar mengeluarkan lendir dan dilapisi dengan silia– Untuk mengurangi ukuran dan membawa udara ke alveoli
Alveoli– kumpulan kantung udara kecil berongga; ujung bronkiolus terkecil – dikelilingi oleh jaringan luas kapiler
– Struktur yang sangat kecil dengan luas permukaan yang sangat tinggi
– Adalah situs pertukaran gas

Fakta menarik tentang sistem pernapasan

1. Pernapasan memungkinkan Anda untuk mengambil oksigen yang Anda butuhkan dan mengeluarkan limbah karbon dioksida. Tetapi ketika Anda menghembuskan napas, Anda juga bernapas dengan mengeluarkan banyak air. Berapa banyak air yang Anda hilangkan saat bernapas? Saat istirahat, manusia bernapas hingga 17,5 mililiter (0.59 ons cairan) air per jam, menurut sebuah artikel 2012 di jurnal Polandia Pneumonology and Allergology. Tapi Anda kehilangan sekitar empat kali jumlah yang sama ketika Anda berolahraga, kata studi tersebut.sistem pernapasan manusia
2. Rata-rata waktu dewasa dapat menahan napas adalah antara 30 dan 60 detik. Keterbatasan ini lebih berkaitan dengan penumpukan karbon dioksida darah, yang disimpan tubuh Anda dalam protein otot yang disebut mioglobin. Tapi penyelam bebas – orang yang berlatih olahraga menyelam di bawah air tanpa menggunakan peralatan seperti peralatan selam – memiliki teknik yang berbeda, seperti hiperventilasi, untuk mengurangi konsentrasi karbon dioksida dalam darah, yang memungkinkan mereka untuk menahan nafas untuk waktu yang lama sangat. Denmark Stig Severinsen saat ini memegang Guinness World Record untuk menyelam bebas terpanjang – pada tahun 2010, ia menahan napas bawah air nya selama 22 menit.
3. Setiap paru-paru Anda mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang disebut alveoli, yang menggantikan limbah karbon-dioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika struktur ini diisi dengan udara, paru-paru menjadi satu-satunya organ dalam tubuh manusia yang bisa mengapung di atas air. Bahkan, pemeriksa medis menggunakan apa yang disebut “tes mengambang paru” selama otopsi untuk menentukan apakah bayi mati sebelum lahir (meninggal di dalam rahim). Jika paru-paru mengapung, bayi lahir hidup; jika paru-paru tidak mengapung, bayi itu mati sebelum lahir. Metode ini akurat 98 persen, menurut sebuah studi dalam International Journal of Medicine Hukum 2013.
4. Di masa lalu, studi pemodelan telah memperkirakan kecepatan bersin mencapai 112 mph (180 km / jam). Menurut Discovery Channel seri “MythBusters,” host Jamie Hyneman dan Adam Savage mencatat kecepatan bersin maksimum 39 mph (63 km / jam). Namun, sebuah penelitian di jurnal PLoS ONE 2013 menemukan bahwa kecepatan maksimum bersin adalah bahkan lebih rendah dari angka yang ditentukan “MythBusters.” Menggunakan kamera kecepatan tinggi dan lampu LED, para peneliti menemukan bahwa peserta studi bersin mereka hanya 10 mph (16 km / jam).
5. Pilek biasa adalah penyakit sistem respirasi yang paling lazim, dan mungkin penyakit yang paling umum dikenal saat ini. Ini penyebab utama mereka selalu menjadi rahasia saat menemui dokter, serta hari-hari tanpa jawaban saat anda membicarakannya disekolah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Di Amerika Serikat saja, ada lebih dari 1 miliar kasus flu biasa setiap tahun. Pilek biasa sering dianggap identik dengan “rhinovirus,” virus yang paling sering menyebabkan jenis penyakit. Tapi sebenarnya ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek, termasuk coronavirus manusia dan virus sinsitial saluran pernafasan.
6. Dalam sistem pernapasan mamalia, lembaran tipis dari jaringan yang disebut pleura membungkus di sekitar paru-paru dan saluran rongga dada. Daerah antara lapisan pleura dikenal sebagai ruang pleura, atau rongga pleura, dan berisi cairan pleura, yang menyediakan pelumasan saat paru-paru mengembang dan menysut. Tidak seperti semua mamalia lainnya, rongga pleura gajah diisi dengan jaringan ikat yang kuat. Struktur yang tidak biasa ini memungkinkan gajah untuk snorkeling (selam permukaan) dan menahan perbedaan tekanan di atas dan di bawah air, tanpa pecah pembuluh darah pada selaput paru-paru mereka, menurut sebuah artikel 2001 di jurnal Physiology Pernapasan.
7. Ketika Anda bernapas kedalam, dada kita membengkak; ketika Anda bernapas keluar, dada kita runtuh. Tapi gerakan dada ini tidak benar-benar hasil dari udara yang mengisi atau keluar paru-paru. Selama inhalasi, diafragma – lembaran tipis otot berbentuk kubah yang memisahkan dada dan rongga perut – berkontraksi dan bergerak ke bawah, meningkatkan ruang di rongga dada. Pada saat yang sama, otot-otot antara tulang rusuk berkontraksi untuk menarik tulang rusuk ke atas dan keluar. Selama pernafasan, sebaliknya terjadi.
8. Bagi manusia, bernapas melalui mulut datang secara alami dan mudah. Hal yang sama berlaku bagi banyak mamalia lainnya. Namun, Kuda, hanya bernapas melalui lubang hidung mereka. Mereka memiliki flap jaringan yang membentuk segel ketat diatas rongga mulut, yang mencegah mereka tidak bernapas melalui mulut mereka, bahkan dalam gangguan pernapasan. Ketika mereka makan dan menelan makanan, flap yang menutup dari rongga hidung dan membuka rongga mulut, yang memungkinkan makanan untuk menuruni faring (bagian atas tenggorokan.)
9. Sirkulasi paru atau peredaran darah kecil adalah proses dimana darah berjalan dari jantung ke paru-paru dan kemudian kembali ke jantung. Aliran ini membuat jantung disertakan dengan oksigen, yang mengambil darah dari paru-paru. Pada tahun 1243, dokter Arab Ibn al-Nafis menjadi orang pertama untuk menggambarkan proses yang rumit ini, ketika ia menjelaskan dalam karyanya, “Commentary on Anatomi di Avicenna Canon.” Itu tidak sampai 300 tahun kemudian bahwa para sarjana Eropa datang ke kesimpulan yang sama, menurut sebuah artikel 2008 di Journal of Applied Physiology.
Ringkasan
Pernapasan adalah proses di mana gas dipertukarkan antara tubuh dan udara luar. Paru-paru dan organ lain dari sistem pernapasan membawa oksigen ke dalam tubuh dan melepaskan karbon dioksida ke atmosfer.



http://hisham.id/2015/08/struktur-organ-sistem-pernapasan-manusia-dan-fungsinya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar