Cool Cigar Smoking With Shades On Monkey

Senin, 29 Januari 2018

Hukum Pascal - Tekanan Zat Cair

HUKUM PASCAL PADA ZAT CAIR

Pengertian Hukum PascalPengertian Hukum Pascal Beserta Rumus
Hukum Pascal adalah hukum yang menyatakan bahwa tekanan yang dikenakan pada zat cair di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke semua arah dengan sama besar dan sama rata. Hal ini memiliki arti bahwa tekanan yang menekan wadah besarnya sama di segala tempat.

Hukum Pascal sendiri ditemukan oleh seorang ilmuwan fisika asal Prancis bernama Blaise Pascal. Hukum yang ia hasilkan ini diberi nama sesuai dengan namanya untuk memberi penghormatan pada dirinya.
Hukum Pascal memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia di saat ini.

Apa Itu Hukum Pascal?

Hukum Pascal adalah sebuah hukum fisika fluida yang menjelaskan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida statis di dalam sebuah ruang tertutup akan diteruskan ke semua arah dengan tekanan yang sama rata dan sama kuatnya.
Hal ini memiliki arti bahwa tekanan yang ada pada sebuah bejana sama besar di setiap tempat di bejana tersebut. Hal inilah yang dijadikan acuan atau prinsip dari hukum Pascal.
Hukum Pascal dirumuskan dengan baik oleh Blaise Pascal sehingga peninggalannya ini dapat diaplikasikan hingga saat ini. Berikut adalah rumus dari hukum Pascal.
Untuk mengetahui lebih mudah dan lebih jelas, Anda dapat menonton langsung video di atas.

Rumus Hukum Pascal

Rumus Hukum PascalPA = PB atau F1 = F2
Jika
F1 / A1 = F2 / A2 maka F1 = A1 / A2 x F2 atau F1 = (D1 / D2)2 x F2
Keterangan Simbol:
F1 / F2 = Gaya yang ada pada permukaan A dan atau B (Newton / N)
A1 / A2 = Luas permukaan dari A dan atau B (meter persegi / m2)
D1 / D2 = Diameter dari permukaan A dan atau B (meter / m)

4 Manfaat Hukum Pascal

Hukum Pascal sendiri memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Hampir semua penerapan dari pengertian hukum pascal dapat ditemukan di industri manapun. Hukum Pascal sangat memudahkan kegiatan manusia dan membuatnya menjadi lebih ringan. Berikut ini adalah manfaat dari hukum Pascal:
  1. Dapat memudahkan kegiatan manusia dan membuatnya menjadi lebih ringan, terutama jika berhubungan dengan benda-benda berat.
  2. Melancarkan kegiatan di banyak industri yang ada di dunia.
  3. Dapat diaplikasikan di banyak teknologi dan kebutuhan.
  4. Alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal masih bisa terus dikembangkan agar semakin memudahkan kehidupan manusia.

https://www.sayanda.com/pengertian-hukum-pascal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar